Bisnis Ternak Sapi

PENDAHULUAN MEMULAI USAHA PETERNAKAN SAPI

Bisnis Ternak Sapi memang salah satu usaha peternakan yang memerlukan ketelitian dan kesabaran khusus dalam menjalankannya. Tidak mudah, dikarenakan ada banyak sekali hal hal yang perlu diperhatikan baik dalam kandang sendiri ataupun impactnya terhadap lingkungan sekitar.

Seperti salah satunya adalah kotoran sapi dimana hal ini sangat perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktifitas lain terutama aktifitas para penduduk di sekitar kandang. Lalu bagi anda para pengusaha peternakan sapi agar selalu dibekali dengan pengetahuan lengkap seputar sapi dan bagaimana mengurusnya dengan baik.

Karena seperti yang kita ketahui, mengurus sapi memerlukan tenaga ekstra dibandingkan ternak lainnya seperti ternak ayam, kambing, cacing dan lain lainnya. Untuk itu mari kita bahas bagaimana bisnis ternak sapi yang baik dan benar agar usaha ternak sapi kita berjalan lancar.

Usaha peternakan sapi sendiri bukanlah sebuah usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil dan menguntungkan dalam waktu yang singkat. Anda memerlukan ekstra kesabaran dan modal yang cukup untuk bisa melakukan pembibitan, perawatan (pemberian pakan kepada hewan dan perawatan kandang), dan strategi bisnis ternak yang mumpuni.

Jadi di artikel ini akan dibahas bagaimana seluk beluk usaha beternak sapi secara modern yang bisa menjadi panduan anda meniti kesuksesan dalam usaha peternakan di Indonesia masa depan.

Banner Peternakan Sapi

CARA PENGGEMUKAN SAPI

Penggemukan sapi potong adalah pemeliharaan sapi dewasa dalam keadaan kurus untuk ditingkatkan berat badannya melalui pembesaran daging dalam waktu relatif singkat (3-5 bulan). Beberapa hal yang berkaitan dengan usaha penggemukan sapi potong adalah :

Prospek Bisnis Ternak Sapi – Jenis-jenis Sapi Potong

Pemilihan ternak dalam Bisnis Ternak Sapi

Beberapa jenis sapi yang digunakan untuk bakalan dalam usaha penggemukan sapi potong di Indonesia adalah :

Daftar Pilihan Sapi Berkualitas untuk Dijadikan Lahan Bisnis

Bisnis Ternak Sapi

Informasi Bisnis Ternak Sapi Modern,
Jenis Jenis Sapi Ternak,


Info Lengkap Cara Bisnis Ternak Sapi Pemula dan Profesional

Adapun jenis ternak sapi itu adalah (disertai gambar sapi terupdate) :

  • Sapi Bali – Cirinya berwarna merah dengan warna putih pada kaki dari lutut ke bawah dan pada pantat, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Keunggulan sapi ini dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan yang baru.
    Usaha Peternakan Sapi Bali di Indonesia
    Gambar Ilustrasi Sapi Bali
  • Sapi Ongole – Cirinya berwarna putih dengan warna hitam di beberapa bagian tubuh, bergelambir dan berpunuk, dan daya adaptasinya baik. Jenis ini telah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya disebut Peranakan Ongole (PO) cirinya sama dengan sapi Ongole tetapi kemampuan produksinya lebih rendah.
    usaha ternak sapi ongole menguntungkan
    Tampilan Sapi Ongole di Kandang Ternak
  • Sapi Brahman – Cirinya berwarna coklat hingga coklat tua, dengan warna putih pada bagian kepala. Daya pertumbuhannya cepat, sehingga menjadi primadona sapi potong di Indonesia.
    Keuntungan Usaha Ternak Sapi Brahman
    Contoh Gambar Sapi Brahman
  • Sapi Madura – Mempunyai ciri berpunuk, berwarna kuning hingga merah bata, terkadang terdapat warna putih pada moncong, ekor dan kaki bawah. Jenis sapi ini mempunyai daya pertambahan berat badan rendah.
    Prospek Usaha Peternakan Sapi Madura Hari Ini
    Ternak Sapi Madura Menguntungkan
  • Sapi Limousin – Mempunyai ciri berwarna hitam bervariasi dengan warna merah bata dan putih, terdapat warna putih pada moncong kepalanya, tubuh berukuran besar dan mempunyai tingkat produksi yang baik.
    Usaha Peternakan Sapi Limousin

Homepage

Leave a comment