Panduan Lengkap Cara TERNAK KAMBING, Cara Pemeliharaan dan Pengendalian Penyakit

Budidaya Peternakan – Kambing adalah salah satu jenis hewan ternak ruminansia besar yang sejak dahulu sudah di budidayakan manusia di seluruh belahan dunia. Di Indonesia kambing ternak pada umumnya masih dibudidayakan secara tradisional. Sebagian besar masyarakat memelihara kambing hanya sebagai usaha sampingan saja. Peternakan kambing secara intensif belum begitu banyak diusahakan di Indonesia. Kambing ternak diusahakan untuk dimanfaatkan dagingnya dan untuk menghasilkan susu. Jenis-jenis kambing penghasil susu atau kambing perah yang dibudidayakan di Indonesia antara lain kambing etawa, kambinng jawarandu, kambing saenen. Sedangkan jenis-jenis kambing yang diusahakan untuk dimanfaatkan dagingnya adalah semua jenis kambing ternak, termasuk domba. Kambing merupakan hewan ruminansia yang memiliki perut empat bagian yang terdiri dari rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Seperti mamalia ruminan yang lain, kambing merupakan hewan berjari genap. Kambing betina mempunyai payudara berputing dua, dibandingkan dengan sapi yang berputing empat.

Jenis-jenis Kambing Ternak di Indonesia

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis-jenis kambing ternak yang di budidayakan oleh masyarakat. Secara umum jenis-jenis kambing dibedakan menjadi 3, yaitu kambing lokal, kambing impor dan kambing campuran. Beberapa jenis kambing ternak yang banyak dibudidayakan di Indonesia antara lain sebagai berikut ;

a).    Kambing kacang
b).    Kambing etawa
c).    Kambing peranakan etawa
d).    Kambing jawa randu
e).    Kambing boer
f).    Kambing saanen

Umumnya budidaya peternakan kambing di Indonesia di usahakan untuk diambil dagingnya, dan sebagian besar masih dilakukan secara tradisional. Kambing kacang adalah jenis kambing lokal yang paling banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan dagingnya. Kambing kacang merupakan jenis kambing yang tangguh dan memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi. Sedangkan jenis kambing perah yang sudah banyak dibudidayakan adalah kambing etawa.

https://mitalom.com

Leave a comment